Tubuh manusia normal diciptakan dengan presisi yang luar biasa. Dari mulai penampakan fisik sampai molekul terkecil yang ada dalam sel, semuanya memiliki fungsi yang sudah diatur. Kelainan pada satu komponen saja dapat bermanifestasi menjadi penyakit.

Dalam menjalankan fungsinya sehari-hari, setiap sel dan molekul dalam tubuh kita bekerja sama membentuk suatu sistem. Sistem pernafasan, sistem pencernaan, sistem jantung dan pembuluh darah, dan sebagainya. Semua sistem tersebut saling berkaitan, maka tidak heran jika penyakit paru juga dapat berefek pada jantung, penyakit jantung berefek pada ginjal, atau yang lain. Tubuh kita adalah satu kesatuan, pasien dengan gangguan penglihatan bisa jadi penyebab utamanya bukan pada matanya. Maka, tidak semua pasien dengan keluhan yang sama memiliki penyakit yang sama. Begitu pula sebaliknya, pasien dengan penyakit yang sama bisa jadi datang ke dokter dengan keluhan yang berbeda.

Di sini Saya ingin berbagi dengan Anda semua, tentang apa yang saya ketahui. Melalui topik-topik bahasan yang terpisah mengenai berbagai masalah kesehatan. Bukan untuk mendiagnosis atau mengobati, tetapi agar kita cerdas bersama. Semoga dapat membantu…

Advertisements